Pengertian, Contoh, Ciri Ciri, Jenis dan Dampak Penggunaan Media Sosial

   

      Media sosial adalah sarana untuk berinteraksi secara online didunia maya dan para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi atau komunikasi, berbagi dan menciptakan isi.

Adapun contoh media sosial yaitu :
1.     Facebook
2.     Twitter
3.     Line
4.     Path
5.     Instagram
6.     Yahoo
7.     Skype
8.     Ask.fm
9.     Myspace
10.  Dll.  

Ciri ciri dari media sosial itu sendiri antara lain yaitu :

1.     Pesan yang disampaikan bebas, tidak rumit.

2.     Pesan yang disampaikan tidak memerlukan biaya yang cukup mahal.

3.     Pesan yang disampaikan cepat diterima atau tidak memerlukan banyak waktu untuk sampai seperti media lainnya.

4.     Pesan bisa ditujukan ke banyak orang ataupun publik.

5.     Yang menentukan waktu interaksi adalah penerima pesan.




Jenis jenis Media sosial :


·  Collaborative projects kolaborasi proyek merupakan suatu media sosial yang dapat membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global. Ada dua subkategori yang termasuk kedalam collaborative project dalam media sosial yakni Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks.


·  Content communities atau konten masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat yang dimana dalam content communities ini penggunanya dapat berbagi foto, video dengan orang yang dituju.


·  Social networking sites atau situs jejaring sosial yang dimana merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya.


·  Virtual game worlds atau permainan dunia virtual merupakan permainan multiplayer, yang dimana ratusan pemain secara simultan dapat didukung. Permainan dunia virtual adalah lingkungan tiga dimensi dimana pengguna dapat berinteraksi menggunakan avatar pribadinya.


·  Virtual social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata.



Manfaat atau dampak positif dari media sosial antara lain yaitu :

1.     Mempermudah komunikasi

Kini berkomunikasi menjadi lebih mudah dengan adanya media sosial. Kita dapat berkomunikasi dengan mudah, cepat, dan murah.
2.     Sebagai media penyebar dan pencari informasi

Mencari dan menemukan berbagai informasi disini sangatlah cepat, lengkap dan mudah. Banyak sekali situs situs yang menyediakan informasi secara akurat dan dapat dipercaya kebenarannya.
3.     Memperluas jaringan pertemanan

Kita dapat  berkomunikasi dan menambah pertemanan dengan siapa saja,termasuk orang yang belum kita kenal dari berbagai penjuru dunia.
4.     Mempermudah dalam bisnis

Sudah banyak sekali perusahan atau orang orang yang mempromosikan produk atau jasanya disini, selain cepat juga mudah dan tidak rumit.
5.     Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial.

Orang orang akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan dengan perantara media sosial ini.
6.     Media pertukaran data

Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
7.     Menimbulkan Sifat Bersahabat, Saling Perhatian dan Berempati

Media sosial membuat seseorang tambah bersahabat, saling perhatian, dan berempati, misalnya memberi ucapan selamat ulang tahun kepada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, dan status teman mereka walaupun belum pernah bertemu secara langsung.
8.     Termotivasi Mengembangkan Diri

Di media sosial memungkinkan seseorang memperoleh umpan balik cerita dari teman yang bisa memotivasi dirinya untuk menjadi lebih baik.



Dampak negatif dari penggunaan media sosial antara lain yaitu :


1.     Kesulitan dalam bersosialisasi dan berinteraksi

Karena terbiasa berkomunikasi menggunakan media sosial dapat menimbulkan sifat tidak percaya diri dan malas sewaktu berbicara dengan orang secara langsung dan lebih memilih menyendiri dan diam.
2.     Egois atau tidak peduli dengan lingkungan sekitar

Ini dapat terjadi karena kita terlalu sibuk menghabiskan waktu bersama dengan media sosial sehingga kita bahkan tidak peduli dengan lingkungan sekitar kita dan menjadi egois.
3.     Menjadi  Malas Bekerja

Karena sibuk bermain bersama media sosial bisa menjadikan sesorang malas untuk mengerjakan tugasnya atau pekerjaannya sehingga dapat menurunkan kinerja.
4.     Kurang Pemahaman Terhadap Tata Bahasa Formal dan Lunturnya Bahasa Daerah

Di dunia maya orang orang berkomunikasi dengan bahasa informal. Hal ini dapat menyebabkan seseorang tidak paham terhadap ejaan dan tata bahasa yang benar. Dan juga karena orang orang lebih sering menggunakan bahasa informal,bahasa daerah menjadi tersisihkan.
5.     Pemalsuan Identitas

Di dunia maya kemungkinan seseorang memalsukan identitasnya sangatlah besar. Oleh karena itu kita harus berhati hati terhadap orang yang baru saja dikenal.
6.     Meningkatnya Kejahatan (cyber crime)

Banyak sekali kejahatan yang dapat dilakukan melalui perantara media sosial. Misalnya saja carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
7.     Berkurangnya Privasi Pribadi

Dalam media sosial kita bebas menuliskan dan men-share apa saja, sering kali tanpa sadar kita mempublish hal yang seharusnya tidak perlu disampaikan dan tentu saja itu dapat menyebar dengan cepat kepada publik. Selain itu apabila kita men-share hal hal yang menyinggung seseorang, kita mungkin akan mendapatkan sanksi atas apa yang kita perbuat.


Sumber :



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Trigger di Power Point 2016

Pengertian Dan Dampak Penggunaan Gadget